Menjelang Akhir Satgas Gulben, Prajurit Yonmarhanlan II Tetap Laksanakan Tugas Kemanusiaan

Tanah Datar, PW: TNI AL, Pasmar 1. Menjelang berakhirnya Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas Gulben) di Kab. Tanah Datar, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan II Padang masih terus berupaya dalam melakukan SAR pencarian korban hilang dan pembersihan akses jalan umum pasca terjadinya bencana banjir bandang dan lahar dingin di beberapa wilayah Kab. Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Jumat (07/06/2024).

Prajurit Yonmarhanlan II Padang yang tergabung dalam Satgas Gulben Tanah Datar memaksimalkan penelusuran daerah Manunggal hingga kedaerah Panti Jao, baik melalui akses darat, sisi sungai dan lokasi-lokasi yang dapat menjadi tempat tersangkutnya korban yang hilang sejak beberapa minggu yang lalu. Ketelitian para tim satgas harus lebih fokus mengingat bahwa tubuh korban sudah sulit untuk dikenali.

Sedangkan prajurit Yonmarhanlan II yang mendapatkan tugas dan tanggung jawab di Jorong Nagari Sungai Jambu membantu warga dalam pembongkaran material bangunan sekolah. Beberapa prajurit Marinir lainnya membantu memperlancar akses jalan di jembatan darurat karena disinyalir masih banyaknya bantuan para korban bencana melalui jembatan darurat tersebut.

Dengan mempercepat pengerjaan dalam pembersihan akses jalan akibat lumpur yang menutupi jalan umum, para prajurit Yonmarhanlan II bersama personel Polres Tanah Datar terus memperluas akses jalan umum yang sering digunakan oleh masyarakat setempat, sehingga aktivitas warga tetap berjalan dengan lancar saat melintasi jalan umum yang sebelumnya tertutup oleh lumpur.

Related posts